Pengalaman Sidang Tilang di PN Bekasi

Sidang karena ''nyelonong di lampu merah" di per-4-an.
Ni dia pengadilan dunia yg katanya si seperti Pisau, tajem ke bawah tumpul ke atasnya ...

Degdeg dikit, apalagi denda pasal di surat tilang bisa sampai Rp. 500 ribu (Bagaimana nanti di pengadilan Akhir Zaman ya ??)
Akhirnya setelah minta izin ke atasan, saya meluncur & sampai dilokasi sekitar jam 9 lewat dikit. Banyak si yang menyapa saat parkir sampai menuju gedung PN "tilang pa?" mau di bantu ?" eh tawar menawar 80.000 ribu nggak mau,,,ya sudah aku ikut sidang waelah pak ,,,,!!!!

Ya tilang, saya jawab langsung masuk ke dalam PN dengan melempar senyum.
Dan ternyata sudah banyak massa / terdakwa lalu lintas berkerumun di ruang sidang.
Ambil nomor antri dulu : weis dapat nomor 58 , banyak amat ni yg ketilang .... ratusan bro......rata rata orang miskin lagi kayaknya,,lagian juga tempat ambil no nya di belakang banget...sepanjang jalan kenangan penuh bapak bapak yang baik hati menawarkan 'pertolongan; dengan harga yang beragam


Sambil menunggu sidang saya berbincang dengan yg sduah duluan sidang & membayar denda,,, ckckck ada yang ga pakai helm kena denda Rp 75 ribu (walau waktu di bayar semua terdakwa di minta tambah seribu jadi Rp 76 ribu) ga bawa sim & lampu kota tidak nyala kena denda 65 ribu (inget + 1000), marka jalan : sama 65ribu + Wah hal ini sama ama pasal saya marka / rambu.

Mahal juga ya ternyata ikut sidang pun, kalo kemarin damai ga sampe segini paling 50ribu kata salah satu terdakwa yang sudah membayar denda
Akhirnya penantian sidang tiba setelah hampir 1 jam menunggu, "58" maju ke depan hakim, hakim hanya bergumam ke pemanggil nomor, lampu merah  ya? 50ribu.
Yang tadi manggil nomor ngomong , udah pa ngapain, bayar sana di ruang sidang satu nya ...
Hee..eh ??? aneh ni sidang apa Abseeen doang yaa!!?

Pindah lah ke ruang sidang yg lain , nunggu nomor di panggil & 51 ribu di minta untuk denda
Selesai juga , sim kembali ke tempatnya semula dengan lubang-lubang staples mengangga ,,,
Dari brangkat sampai balik ke kerjaan 2 jam lah selesai, kalo dapet nomor awal mungkin waktunya sama saja si , nunggu sidangnya mulai :)

Pengalaman berharga tentang hukum di negeri ini, kita coba ikuti peraturan . di tilang ya di sidang walaupun lebih mahal dikit & waktu terbuang dikit .....
Dan 1 lagi yang aneh saya perhatikan di 2 ruang sidang tadi , kenapa ada poster Budha di dinding kiri tiap ruang sidang ya ???
Ada yang tau kenapa hubungan antara ruang sidang dengan poster Budha ???




http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8398345206199918757#editor/target=post;postID=18572380491923008

Post a Comment

0 Comments