KKP Unindra Bab3 dan 4 (Informatika)



ANALISIS SISTEM BERJALAN
DAN
SISTEM YANG DIUSULKAN

    A.    Profil PT Kuneri Mitra Data
1.      Sejarah PT Kuneri Mitra Data
PT. Kuneri Mitra Data atau lebih dikenal dengan sebutan KMD Komputer adalah perusahaan di Indonesia dengan Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang penyedia jasa dalam bidang teknologi informasi  yang meliputi sistem informasi berbasis website, pembangunan infrastruktur jaringan komputer maupun infrastruktur yang berbasis jaringan, yang resmi berdiri pada tahun 2013 dan berkantor di Jakarta
Seiring dengan berkembangnya perusahaan, saat ini KMD komputer memiliki 3 bisnis unit yaitu pembangunan atau pemeliharaan infrastruktur jaringan, web developer, pembangunan atau pemeliharaan data center dan penyedia perangkat keras teknologi informasi.
Perusahaan ini bertekad untuk selalu memberikan yang terbaik untuk seluruh pelanggannya, Perusahaan juga selalu menjunjung tinggi  nilai-nilai profesionalisme, Pengembangan Teknologi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya sebagai dasar dalam memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan kami.

2.      Visi dan Misi PT Kuneri Mitra Data
a.       Visi
1)      Menjadi perusahaan IT yang kompetitif, handal dan terpercaya dalam skala nasional maupun internasional.
2)      Perusahaan IT yang terkemuka yang fokus dan unggul dalam menghasilkan produk dan jasa.

b.      Misi
1)      Menjadi rekan kerja yang terbaik untuk seluruh pelanggan.
2)      Memberikan layann terbaik kepada setiap pelanggan dengan solusi yang inovatif, efektif dan efisien.
3)      Mengedepankan profesionalisme dan team work dalam menghasilkan layanan yang berkualitas.
4)      Memberikan inovasi teknologi terbaik dan terkini dalam setiap produk dan jasa.

B.     Struktur Organisasi PT Kuneri Mitra Data
Dari struktur oragnisasi dapat dilihat hubungan antara Pemimpin Perusahaan dan Staf serta karyawan serta pembagian tugas dan wewenang masing-masing jabatan sehingga menghasilakn suasana kerja yang nyaman dan maksimal. Struktur Perusahaan Kuneri Mitra Data dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 4.1 Struktur Organisasi PT Kuneri Mitra Data

Secara struktural PT Kuneri Mitra Data dalam menjalankan bisnisnya terbagi dalam beberapa tugas  dan tanggungjawab yaitu :

1.         Komisaris
Tugas dan Tanggungjawab Komisaris pada PT Kuneri Mitra Data adalah
a.       Bertanggung jawab penuh terhadap pengadaan modal perusahaan adan modal proyek yang akan dan atau yang sedang berjalan.
b.      Mengawasi kinerja Direktur dan Staf dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

2.         Direktur
Tugas dan Tanggungjawab Direktur pada PT Kuneri Mitra Data adalah :
a.       Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan
b.      Bertanggung jawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan
c.       Bertanggung jawab atas kerugian yang dihadapi perusahaan termasuk juga keuntungan perusahaan
d.      Merencanakan serta mengembangkan sumber-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan
e.       Bertindak sebagai perwakilan perusahaan dalam hubungannya dengan dunia luar perusahaan
f.        Menetapkan strategi-strategi stategis untuk mencapakai visi dan misi perusahaan
g.      Mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan di perusahaan, mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
h.      Mengangkat dan memberhentikan karyawan perusahaan
3.         Sekretaris
Tugas dan Tanggungjawab Sekretaris pada PT Candi Berkat Tehnologi adalah :
a.       Membuka surat.masuk untuk Direktur dan Komisaris
b.      Menerima dikte.
c.       Menerima dan melayani  tamu serta bertamu mewakili pimpinan.
d.      Menerima dan melayani  telepon serta menelpon.
e.       Menata arsip/surat.
f.        Menyusun dan membuat surat untuk kepentingan pimpinan (korespondensi)
g.      Mengurus dan mengendalikan surat
h.      Menyiapkan pembuatan laporan
i.        Menyusun dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
j.        Mengelola kas kecil
k.      Menjaga kebersihan dan kerapihan kantor untuk menciptakan kenyamanan kerja

4.      Sales Manager
a.       Aktif mencari informasi proyek-proyek baru dan mem-follow up proyek yang sedang berjalan
b.      Membina hubungan baik dengan distributor, kontraktor,     konsultan, arsitek, dll
c.       Mengunjungi pelanggan secara rutin
d.      Membuat laporan proyek dan rencana kunjungan mingguanAktif mencari informasi proyek-proyek baru dan mem-follow up proyek yang sedang berjalan
e.       Membina hubungan baik dengan distributor, kontraktor, konsultan, arsitek, dll
f.        Mengunjungi pelanggan secara rutin
g.      Membuat laporan proyek dan rencana kunjungan mingguan

5.         HRD Manager
a.       Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
b.      Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
c.       Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
d.      Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
e.       Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan
f.        Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
g.      Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
h.      Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

6.       Manager
a.       Merencanakan kegiatan-kegiatan dalam proyek, tugas-tugas dan hasil akhir, termasuk pemecahan pekerjaan, penjadwalan dan anggaran.
b.      Mengorganisasikan, memilih dan menempatkan orang-orang dalam tim proyek. Mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya.
c.       Memonitor status proyek.
d.      Mengindentifikasikan masalah-masalah teknis.
e.       Titik temu dari para konstituen: subkontraktor, user, konsultan, top management.
f.        Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam proyek.
g.      Merekomendasikan penghentian proyek atau pengerahan kembali sumber daya.

7.      Teknisi
a.       Melakukan pemeliharaan rutin pada lokasi kerja secara rutin dan sesuai jadwal
b.      Melakukan Instalasi baru apabila ada proyek baru
c.       Melakukan perbaikan yang baik apabila ada keluhan dari user
d.      Membuat laporan harian

8.      Finance Manager
a.       Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasikeuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkanperusahaan secara akurat dan tepat waktu.
b.      Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan danpembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepatwaktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
c.       Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kasperusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang,sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasionalperusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
d.      Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaranperusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untukmemastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalammenunjang kegiatan operasional perusahaan.
e.       Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem danprosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannyauntuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalandengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
f.        Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuanganuntuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinanperusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhaninvestasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.
g.      Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadapperaturan perpajakan

C.     Proses Bisnis Sistem Berjalan
PT Kuneri Mitra Data bergerak dalam bidang pemasangan dan pemeliharaan infrastruktur antara lain:
1.      Instalasi dan Perawatan LAN, terdiri atas pemasangan dan perawatan kabel Fiber Optic, UTP, STP, Coaxial, Telepon, PABX
2.      Insatalasi dan Perawatan Perangkat Keras , terdiri atas pengadaan Server, Router, Switch, Firewall, Proxy, Wireless, IP Phone, Video Phone, CCTV dan lain-lain.
Dalam pengeloaan pekerjaan teknisi pada PT Kuneri Mitra Data masih menggunakan cara manual atau dicatat dalam kertas dan ataupun diketik pada Microsoft Office Excel, belum mempunyai suatu perangkat lunak yang digunakan dan bisa diakses secara online. Adapun sistem pengelolaan pekerjaan pada PT Kuneri Mitra Data adalah sebagai berikut:
1.      Pembuatan Jadwal Maintenance Rutin dan Pembuatan Form Keluhan.
a.       Project Manager membuat suatu jadwal pemeliharaan rutin untuk dilakukan oleh Teknisi, jadwal ini berlaku perhari
b.      Project Manager membuat suatu form keluhan yang dicetak dalam jumlah yang banyak dan disediakan pada bindek, apabila form tersebut telah habis maka Project Manager tersebut mencetak ulang form tersebut.
2.      Pencatatan Data
a.       Setiap hari Teknisi mencatat pekerjaan yang telah dilakukan di suatu form yang telah disediakan perusahaan dan dikumpulkan pada suatu bindek pada meja  Manager.
b.      Setiap akhir bulan Project Manager mencatat ulang pada Microsoft Office Excel dari Form yang telah dikumpulkan oleh Teknisi.
3.      Pembuatan Laporan
a.       Setiap akhir periode pekerjaan Project Manager mengumpulkan data yang telah direkap perbulan pada point 2, sebagai kelengkapan dokumen untuk mengajukan penagihan ke rekanan kerja.
b.      Project manager memeriksa laporan yang telah dibuat oleh Project Manager, apabila laporan sudah benar maka  Manager memberikan laporan tersebut kepada Direktur.
c.       Laporan Pekerjaan diperiksa ulang dan ditandatangani oleh Direktur.

D.    Aturan Bisnis Sistem Berjalan
Aturan sistem yang sekarang berjalan pada PT Kuneri Mitra Data adalah :
1.      Pembuatan Jadwal Maintenance Rutin dan Pembuatan Form Keluhan
a.       Project Manager membuat jadwal pemeliharaan rutin untuk kemudian diumumkan kepada Teknisi setiap hari.
b.      Project Manager setiap hari mencetak Form Keluhan untuk diambil oleh Teknisi sebelum mereka berangkat ke lokasi kerja setiap hari.
2.      Pencatatan Data.
a.       Data Pemeliharaan Rutin
1).      Setiap hari Teknisi melakukan Pemeliharaan Rutin terhadap Objek pemeliharaan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Project Manager dan mencatatnya pada Form Pemeliharaan.
2).      Teknisi mengumpulkan form Pemeliharaan kepada Project Manager setelah pekerjaan selesai setiap hari
3)       Project Manager melakukan rekap data dari Form Pemeliharaan kedalam tabel Microsoft Office Excel
b.      Data Penanganan Keluhan
1).      Apabila ada keluhan maka Teknisi melakukan penyelesain terhadap masalah yang dikeluhkan oleh user dan mencatatnya pada Form Keluhan.
2).      Teknisi mengumpulkan form Keluhan kepada Project Manager setelah pekerjaan selesai setiap hari       
3).      Project Manager melakukan rekap data dari Form Keluhan kedalam tabel Microsoft Office Excel
3.      Pembuatan Laporan
a.       Project Manager menuyusun Laporan Pekerjaan berdasarkan data pada tabel Microsoft Office Excel
b.      Project Manager menuyusun Laporan Pekerjaan setiap akhir periode pekerjaan
c.       Project Manager mengajukan Laporan Pekerjaan kepada Manager untuk diperiksa dan ditandatangani apabila dinilai benar.
d.      Manager mengembalikan Laporan Pekerjaan kepada  Manager apabila Laporan pekerjaan dinilai belum benar, dan  Manager akan memperbaiki Laporan Pekerjaan.
e.       Manager menyerahkan Laporan Akhir Pekerjaan sebagai kelengkapan untuk mengajukan tagihan.

E.     Dekomposisi Fungsi Sistem
Dekomposisi fungsi dumulai dengan analisis pekerjaan yang ingin dilakukan, diikuti tahap desain dengan menggambarkan bagaimana pekerjaan tersebut dapat dilakukan, menggambarkan dimana prosesnya berorientasi pada tujuan. Perangkat yang digunakan biasanya berdasarkan pada data flow dan bahasa prosedural.
            Dekomposisi Diagram Sistem pelaporan pekerjaan pada PT Kuneri Mitra Data sebagai berikut :


Gambar 4.2 Dekomposisi Fungsi

F.      Analisis Masukan (Input), Proses dan Keluaran (Output) Sistem Berjalan
1.      Analisis Masukan (Input)
a.       Data Perawatan Rutin
Sumber      : Teknisi
Media        : Kertas
Isi              : No
                    Tanggal
                     Lokasi Proyek
                     Nama Ruangan
                     Id Perangkat
                     Nama Perangkat
                     Nama User
                     Tindakan

b.      Data Penanganan Keluhan
Sumber      : Teknisi
Media        : Kertas
Isi              : No
                    Tanggal
                     Lokasi Proyek
                     Nama Ruangan
                     Id Perangkat
                     Nama Perangkat
                     Nama User
                     Keluhan
                     Tindakan
                     Status

c.       Data Pemasangan Baru
Sumber      : Teknisi
Media        : Kertas
Isi              : No
                    Tanggal
                     Lokasi Proyek
                     Nama Ruangan
                     Id Perangkat
                     Nama Perangkat
                     Nama User
                     Status

2.      Analisa Keluaran (Output)
a.       Laporan Akhir Tahun
Sumber      :  Manager
Media        : Kertas
Isi              : 1).      Laporan MaintenanceRutin
                    2).      Laporan Keluhan

b.      Laporan Akhir Proyek
Sumber      :  Manager
Media        : Kertas
Isi              : Laporan Akhir










G.    Diagram Alir Data (DAD) Konteks, Nol, Dan Sitem Rinci Berjalan
1.      Diagram Konteks
Gambar 4.4 Diagram Konteks Sistem Berjalan pada PT Kuneri Mitra Data









2.      Diagram Nol
Gambar 4.5 Diagram Nol Sistem Berjalan pada Kuneri Mitra Data








3.      Diagram Rinci
a.       Diagram Rinci Level 1 Proses 1.0
Gambar 4.5 Diagram Rinci Level 1 Proses 1.0









b.      Diagram Rinci Proses 1 level 2.0
      
c.       Diagram Rinci Proses 1 Level 3.0




H.    Kamus Data Sistem Berjalan
Kamus data merupakan penjelasan tertulis mengenai data yang sedang berjalan di dalam database. Adapun kamus data sistem yang sedang berjalan pada PT Kuneri Mitra Data adalah sebagai berikut :

1.      Kamus Data Masukan
a.       Nama arus data           : Data Maintenance Rutin
Alias                            : -
Bentuk data                 : Kertas
Arus Data                    : Teknisi – Proses 1.0
Penjelasan                   : Teknisi melakukan pencatatan pekerjaan Maintenance     Rutin
Periode                        : Setiap Teknisi melakukan Maintenance Rutin
Struktur                       : No + Lokasi + Ruang + Id Komputer +   Deskripsi Komputer + Nama User + Tanggal Update Anti Virus

b.       Nama arus data          : Data Penanganan Keluhan
Alias                            : -
Bentuk data                 : Kertas
Arus Data                    : Teknisi – Proses 1.0
Penjelasan                   : Teknisi melakukan pencatatan pekerjaan
  Penanganan Keluhan
Periode                        : Setiap Teknisi melakukan Penanganan
  Keluhan
Struktur                       : No + Lokasi + Ruang + Id Komputer +  Deskripsi Komputer + Nama User + Keluhan + Tindakan + Sparepart + Status

c.       Nama arus data           : Data Pemasangan Baru
Alias                            : -
Bentuk data                 : Kertas
Arus Data                    : Teknisi – Proses 1.0
Penjelasan                   : Teknisi melakukan pencatatan pekerjaan
   Pemasangan Baru
Periode                        : Setiap Teknisi melakukan Penanganan
  Keluhan
Struktur                       : No + Lokasi + Ruang + Pekerjaan + Sparepart
  + Status

2.      Kamus Data Keluaran
a.    Nama Akhir Data       : Rekap Data Maintenance Rutin       
Alias                            : -
Bentuk data                 : Kertas
Arus Data                    : Manager – Proses 2.0
Penjelasan                   : Manager Melakuakn rekap Data Maintenance
  Rutin

Periode                        : Setiap Akhir Tahun
Struktur                       : No + Lokasi + Ruang + Id Komputer +   Deskripsi Komputer + Nama User + Tanggal
  Update Anti Virus

b.   Nama Akhir Data       : Rekap Data Penanganan Keluhan
Alias                            : -
Bentuk data                 : Kertas
Arus Data                    : Manager – Proses 2.0
Penjelasan                   : Manager Melakuakn rekap Data Penanganan
  Keluhan
Periode                        : Setiap Akhir Tahun
Struktur                       : No + Lokasi + Ruang + Id Komputer + Deskripsi Komputer + Nama User + Keluhan + Tindakan + Sparepart + Status

c.    Nama Akhir Data       : Rekap Data Pemasangan Baru
Alias                            : -
Bentuk data                 : Kertas
Arus Data                    : Manager - Proses 2.0
Penjelasan                   : Manager Melakukan rekap Data Pemasangan
  Baru
Periode                        : Setiap Akhir Proyek
Struktur                       : No + Lokasi + Ruang + Pekerjaan + Biaya Operasional + Sparepart + Status

d.   Nama Arus Data         : Laporan  Akhir Tahun
Alias                            : -
Bentuk Data                : Kertas
Arus Data                    : Manager – Proses 3.0
Penjelasan                   : Manager menyusun Laporan Akhir Tahun
Periode                        : Setiap Akhir Tahun
Struktur                       : Laporan Maintenance Rutin + Laporan
  Penanganan Keluhan
                       
I.        Spesifikasi Sistem Berjalan
Spesifikasi Sistem Berjalan menguraikan dan menjelaskan proses pengolahan Data pada PT Kuneri Mitra Data
1.      Proses 1.1
Nama Proses         : Data Maintenance Rutin
Masukan                : Data Maintenance
Keluaran                : Data Maintenance Rutin, Rekap Data Maintenanc
  Rutin
Uraian                   : Teknisi melakukan pencatatan pada form yang
disediakan  dan menyerahkannya kepada Proyek Manger setelah melakukan pekerjaan.

2.      Proses 1.2
Nama Proses         : Data Penanganan Keluhan
Masukan                : Data Penanganan Keluhan
Keluaran                : Data Penanganan Keuhan, Rekap Penanganan Keluhan
Uraian                   : Teknisi melakukan pencatatan pada form yang
  disediakan  dan menyerahkannya kepada Proyek Manger setelah melakukan pekerjaan.
3.      Proses 1.3
Nama Proses         : Data Pemasangan Baru
Masukan                : Data Pemasangan Baru
Keluaran                : Data Pemasangan Baru,Rekap Pemasangan Baru
Uraian                   : Teknisi melakukan pencatatan pada form yang
disediakan  dan menyerahkannya kepada Proyek Manger setelah melakukan pekerjaan.


J.      Analisis Permasalahan
Analisis permasalahan yang terdapat pada PT Kuneri Mitra Data adalah sebagai berikut :
1.      Proses pendataan transaksi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan media kertas berebentuk Form, sehingga kemungkinan terjadi kehilangan data.
2.      Proses pendataan Maintenance Rutin, Penanganan Keluhan dan Pemasangan Baru selalu dilakukan setelah melakukan pekerjaan sehingga kadang Teknisi merasa keberatan dan malas unrtuk melakukan pencatatan.
3.      Pembuatan laporan juga masih dilakukan secara manual, sehingga pembuatan laporan memakan banyak waktu, kurang akurat, banyaknya kesalahan dalam pencatatan sehingga harus dihitung berulang.

K.    Alternatif Pemecahan Masalah
Berdasarkan masalah-masalah yang dihadapi tersebut, maka alternatif dalam penyelesaian masalah Pencatatan Data, Rekap Data dan Pembuatan Laporan adalah sebagai berikut :
1.      Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Infrastruktur Jaringan pada PT Kuneri Mitra Data berbasis website sehingga dapat menghasilkan data yang cepat, aman dan akurat.
2.      Perancangan database menggunakan hard disk yang menggunakan media computer, sehingga media penyimpanan lebih banyak, rapih, dan menghemat biaya.
3.      Membuat sistem yang dapat mengolah data yang telah disimpan, dalam mempermudah proses penghitungan.
4.      Membuat sistem informasi yang mudah dipahami, agar dapat digunakan oleh setiap user, baik yang memahami computer atau tidak.

L.     Aturan Bisnis Sistem Yang Diusulkan
Berikut adalah aturan bisnis sistem yang diusulkan pada PT Kuneri Mitra Data
1.      Pendataan Maintenance Rutin
Data Maintenance Rutin di input kedalam sistem dan menyimpannya kedalam database.
2.      Pendataan Penanganan Keluhan
Data Penananan Keluhan di input kedalam sistem dan menyimpannya kedalam database.
3.      Pendataan Pemasangan Baru
Data Penananan Keluhan di input kedalam sistem dan menyimpannya kedalam database.
4.      Laporan
Proyek Manager tinggal melakukan pencetakan dokumen,  karena dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Infrastruktur Jaringan ini akan mempermudah proses pembuatan laporan.

M.   Dekomposisi Fungsi Sistem Yang Diusulkan
Dekomposisi merupakan proses membagi sistem menjadi bagian-bagian sistem yang lebih kecil, dan sebagai cara mudah dalam memahami suatu sistem. Dengan melakukan dekomposisi sistem dapat menyajikan seluruh sistem yang saling berhubungan. Setiap subsistem melakukan satu atau lebih fungsi tertentu  agar dapat membantu subsistem lainnya untuk mencapai tujuan.
Gambar 4.6  Dekomposisi Fungsi Sistem Yang Diusulkan
N.    Rancangan Masukan (Input), Proses, dan Keluaran (Output)
1.      Rancangan Masukan (Input)
Berikut adalah rancangan masukan sistem yang diusulkan :
a.       Nama Masukan     : Form Data Maintenance Rutin
Sumber                  : Teknisi
Fungsi                   : Mengetahui data Maintenance Rutin yang telah dilakukan oleh Teknisi
Media                    : Kertas
Distribusi               : Teknisi
Isi                          : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + tindakan
b.      Nama Masukan     : Form Penanganan Keluhan
Sumber                  : Teknisi
Fungsi                   : Mengetahui data Penanganan Keluhan yang telah dilakukan oleh Teknisi
Distribusi               : Teknisi
Isi                          : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + keluhan + tindakan
c.       Nama Masukan     : Form Data Pemasangan Baru
Sumber                  : Teknisi
Fungsi                   : Mengetahui data Pemasangan Baru yang telah dilakukan oleh Teknisi
Distribusi               : Teknisi
Isi                          : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + status
2.      Rancangan Proses
a.       Pendataan
Proses ini dilakukan oleh Teknisi, yaitu dengan cara menginput semua pekerjaan yang telah dilakukan baik Maintenance Rutin, Penanganan Keluhan maupun Pemasangan baru.
b.      Laporan
Proses ini merupakan proses penyerahan lapooran yang dilakukan oleh Proyek Manger. Adapun laporan yang disusun adalah Laporan Maintenance Rutin, Laporan Penanganan Keluhan dan Laporan Akhir Proyek.
3.      Rancangan Keluaran (Output)
a.       Nama Keluaran     : Laporan Maintenance Rutin
Sumber                  : Proyek Manager
Fungsi                   : Mengetahui daftar Maintenance Rutin
Distribusi               : Manager
Isi                          : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + tindakan
b.      Nama Keluaran     : Laporan Penanganan Keluhan
Sumber                  : Proyek Manger
Fungsi                   : Mengetahui daftar Penanganan Keluhan
Distribusi               : Direktur
Isi                          : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + keluhan + tindakan
c.       Nama Keluaran     : Laporan Pemasangan Baru
Sumber                  : Proyek
Fungsi                   : Mengetahui daftar Pemasangan Baru
Distribusi               : Direktur
Isi                          : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + status

O.    Diagram Alir Data (DAD) Sistem Yang Diusulkan (Diagram Konteks, Nol, dan Rinci )
a.      Diagram Konteks Sistem Yang Diusulkan
Gambar 4.12  Diagram Konteks Sistem Yang Diusulkan
b.      Diagram Nol Sistem Yang Diusulkan
Gambar 4.13  Diagram Nol Sistem Yang Diusulkan







c.       Diagram Rinci 1 Sistem Yang Diusulkan
Gambar 4.14  Diagram Rinci 1 Sistem Yang Diusulkan










d.      Diagram Rinci 2 Sistem Yang Diusulkan
Gambar 4.15  Diagram Rinci 2 Sistem Yang Diusulkan











e.       Diagram Rinci 3 Sistem Yang Diusulkan

Gambar 4.16  Diagram Rinci 3 Sistem Yang Diusulkan










P.     Kamus Data Sistem Yang Diusulkan
1.      Nama Arus      : Data Perawatan Rutin
Bentuk Data    : Kertas
Arus Data        : Teknisi – 1.1 Input Data Maintenance Rutin
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Maintenance Rutin
Periode            : Saat melakukan Maintenance Rutin
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data - Maintenance Rutin
Isi                    : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + tindakan
Footer              : Tandatangan

2.      Nama Arus      : Data Penanganan Keluhan
Bentuk Data    : Kertas
Arus Data        : Teknisi – 1.2 Input Data Penanganan Keluhan
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Penanganan Keluhan
Periode            : Saat melakukan Penanganan Keluhan
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data – Penanganan Keluhan
Isi                    : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + keluhan + tindakan
Footer              : Tandatangan

3.      Nama Arus      : Data Pemasangan Baru
Bentuk Data    : Kertas
Arus Data        : Teknisi – 1.3 Input Data Pemasangan Baru
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Pemasangan Baru
Periode            : Saat melakukan Pemasangan Baru
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data – Pemasangan Baru
Isi                    : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + status
Footer              : Tandatangan

4.      Nama Arus      : Data Perawatan Rutin
Bentuk Data    : -
Arus Data        : Teknisi – 2.1 Input Data Maintenance Rutin
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Maintenance Rutin
Periode            : Saat melakukan Maintenance Rutin
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data - Maintenance Rutin
Isi                    : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + tindakan

5.      Nama Arus      : Data Penanganan Keluhan
Bentuk Data    : -
Arus Data        : Teknisi – 2.1 Input Data Penanganan Keluhan
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Penanganan Keluhan
Periode            : Saat melakukan Penanganan Keluhan
Struktur Data  : Header + Isi
Header             : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data – Penanganan Keluhan
Isi                    : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + keluhan + tindakan

6.      Nama Arus      : Data Pemasangan Baru
Bentuk Data    : -
Arus Data        : Teknisi – 2.3 Input Data Pemasangan Baru
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Pemasangan Baru
Periode            : Saat melakukan Pemasangan Baru
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data – Pemasangan Baru
Isi                    : lokasi + unit_kerja + nama_perangkat + deskripsi_perangkat + nama_user + status

7.      Nama Arus      : Laporan Akhir Tahun
Bentuk Data    : Kertas
Arus Data        : Manager – 3.1 Laporan Akhir Tahun
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Maintenance Rutin dan Data Penanganan Keluhan selama 1 (satu) tahun
Periode            : Saat melakukan penagihan kepada customer
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data – Laporan Akhir TAhun
Isi                    : Data Maintenance Rutin + Data Penanganan Keluhan

8.      Nama Arus      : Laporan Akhir Proyek
Bentuk Data    : Kertas
Arus Data        : Manager – 3.1 Laporan Akhir Proyek
Penjelasan       : Data ini berisikan Data Pemasangan Baru
Periode            : Saat melakukan penagihan kepada customer
Struktur Data  : Header + Isi
Header            : Judul
Judul               : PT Kuneri Mitra Data – Laporan Akhir TAhun
Isi                    : Data Pemasangan Baru



Q.    Bagan Terstruktur Sistem Yang Diusulkan
Gambar 4.18  Bagan terstruktur Input Data Maintenance Rutin
Gambar 4.19  Bagan terstruktur Penanganan Keluhan
Gambar 4.20 Bagan terstruktur Pemasangan Baru


R.    Spesifikasi Modul Sistem Yang Diusulkan
1.      Modul Maintenance Rutin
Mulai
      Proses input data Maintenance Rutin
      Update  data Maintenance Rutin
      Simpan data Maintenance Rutin
Selesai
2.      Modul Penanganan Keluhan
Mulai
      Proses input     Penanganan Keluhan
      Update  Penanganan Keluhan
      Simpan data Penanganan Keluhan
Selesai
3.      Modul Pemasangan Baru
Mulai
      Proses input Pemasangan Baru
      Update  data Pemasangan Baru
      Simpan data Pemasangan Baru
Selesai


S.      Rancangan Basis Data Sistem Yang Diusulkan
1.      Normalisasi
a.      Bentuk Unnormal
Gambar 4.22  Bentuk Tidak Normal (Unnormal)


b.      Normalisasi Bentuk 1 NF
Gambar 4.23  Bentuk Normalisasi Pertama

c.       Normalisasi Bentuk 2 NF

Gambar 4.24 Bentuk Normalisasi Kedua




d.      Normalisasi Bentuk 3 NF
Gambar 4.25  Bentuk Normalisasi Ketiga

2.      Spesifikasi File Basis data
a.       Data admin
Nama File             : tabel_admin
Media                    : Hardisk
Kunci                    : username
Panjang Record    : 15+15 = 30 Byte
Jumlah Record      : 5.760 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.1 Spesifikasi File Basis Data Admin
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
username
Varchar
15
nama pengguna
password
Varchar
15
password

b.      Data Jasa
Nama File             : tabel_jasa
Media                    : Hardisk
Kunci                    : kode_jasa
Panjang Record    : 20+50+50+20+20 = 160 Byte
Jumlah Record      : 34.560 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.2 Spesifikasi File Basis jasa
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_jasa
Varchar
20
kode jasa
nama_jasa
Varchar
50
peneglompokan jasa
keluhan
Varchar
50
keluhan user
jenis-keluhan
Varchar
20
jenis keluhan
status
Varchar
20
status pekerjaan

c.       Data user
Nama File             : tabel_user
Media                    : Hardisk
Kunci                    : kode_user
Panjang Record    : 20+50+100+20+20+50+100 = 360 Byte
Jumlah Record      : 34.560 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.3 Spesifikasi File Basis Data User
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
20
kode lokasi
lokasi
Varchar
50
nama lokasi
unit_kerja
Varchar
100
unit kerja
nama_perangkat
Varchar
20
nama perangkat
desk_perangkat
Varchar
20
deskripsi perangkat
nama_user
Varchar
50
nama user

d.      Data Maintenance Rutin
Nama File             : tabel_maintenance
Media                    : Hardisk
Kunci                    : kode_lokasi
Panjang Record    : 50+50+50+50+50+50+50 = 350 Byte
Jumlah Record      : 34.560 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.4 Spesifikasi File Basis Data Maintenance
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
50
Kode lokasi
lokasi
Varchar
50
lokasi
unit_kerja
Varchar
 50
Unit kerja
nama_perangkat
Varchar
 50
Nama perangkat
desk_perangkat
Varchar
50
Desk perangkat
nama_user
Varchar
50
Nama user
tindakan
Varchar
50
tindakan


e.       Data Penanganan Keluhan
Nama File             : tabel_ penanganan_keluhan
Media                    : Hardisk
Kunci                    : no_keluhan
Panjang Record    : 50+50+50+50+50+50+50 +50 = 400 Byte
Jumlah Record      : 34.560 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.5 Spesifikasi File Basis Data Penanganan Keluhan
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
50
kode lokasi
lokasi
Varchar
50
lokasi
unit_kerja
Varchar
 50
unit kerja
nama_perangkat
Varchar
 50
nama perangkat
desk_perangkat
Varchar
50
desk perangkat
nama_user
Varchar
50
nama user
keluhan
Varchar
50
keluhan
tindakan
Varchar
50
tindakan

f.        Data Pemasangan Baru
Nama File             : tabel_pemasangaan_baru
Media                    : Hardisk
Kunci                    : nama_perangkat
Panjang Record    : 50+50+50+50+50+50+50 = 350 Byte
Jumlah Record      : 5.760 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.6 Spesifikasi File Basis Data Pemasangan Baru
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
50
Kode lokasi
lokasi
Varchar
50
lokasi
unit_kerja
Varchar
 50
Unit kerja
nama_perangkat
Varchar
 50
Nama perangkat
desk_perangkat
Varchar
50
Desk perangkat
nama_user
Varchar
50
Nama user
status
Varchar
50
status





g.      Data Maintenance Rutin Detail
Nama File             : maintenance_rutin_detail_detail
Media                    : Hardisk
Kunci                    : kode_lokasi
Panjang Record    : 50+50+50+50+50= 250 Byte
Jumlah Record      : 5.760 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.7 Spesifikasi File Basis Data Maintenance Rutin Detail
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
50
kode lokasi
nama_lokasi
Varchar
50
nama lokasi
nama_perangkat
Varchar
 50
nama perangkat
user
Varchar
 50
user
tindakan
Varchar
50
tindakan

h.      Data Penanganan Keluhan Keluhan
Nama File             : tabel_ penanganan_keluhan_detail
Media                    : Hardisk
Kunci                    : no_keluhan
Panjang Record    : 50+50+50+50+50+50+50 +50 = 400 Byte
Jumlah Record      : 34.560 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.8 Spesifikasi File Basis Data Penanganan Keluhan Detail
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
50
kode lokasi
lokasi
Varchar
50
lokasi
nama_user
Varchar
50
nama user
keluhan
Varchar
50
keluhan
tindakan
Varchar
50
tindakan

i.        Data Pemasangan Baru Detail
Nama File             : tabel_pemasangaan_baru_detail
Media                    : Hardisk
Kunci                    : nama_perangkat
Panjang Record    : 50+50+50+50+50= 250 Byte
Jumlah Record      : 5.760 Record
Struktur Data        :
Tabel 4.9 Spesifikasi File Basis Data Pemasangan Baru
Nama Field
Tipe Data
Size
Keterangan
kode_lokasi
Varchar
50
Kode lokasi
lokasi
Varchar
50
lokasi
nama_perangkat
Varchar
 50
Nama perangkat
nama_user
Varchar
50
Nama user
status
Varchar
50
status





3.      Entity Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan suatu diagram untuk meggambarkan desain konseptual dan juga gambaran yang menghubungkan antara objek yang satu dengan yang lainnya.
Berikut adalah Entity Relationship Diagram (ERD) yang diusulkan :
Gambar 4.26  Entity Relationship Diagram (ERD)
T.     Rancangan Layer, Rancangan Form Masukan Data, dan Rancangan Form Keluaran Data
1.      Rancangan Layer
a.       Rancangan Halaman Login
Gambar 4.27  Rancangan Halaman Login
Penjelasan : Tampilan login dari aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Infrastruktur Jaringan, untuk dapat menggunakan aplikasi ini admin harus login terlebih dahulu yaitu dengan mengisi Username dan Password.


b.      Rancangan Halaman Menu utama
Gambar 4.28  Rancangan Halaman Menu Utama
Penjelasan : Setelah proses login selesai maka user masuk pada bagian menu utama, yang didalamnya terdapat beberapa menu yang dapat digunakan dalam menginput data maintenance rutin , data penanganan keluhan, dan data pemasangan baru, sedangkan untuk menu laporan maintenance adalah rekap data maintenance yang telah diinput, laporan penanganan keluhan adalah rekap penanganan keluhan yang telah diinput dan laporan pemasangan baru adalah rekap data pemasangan baru yang telah diinput teknisi
2.      Rancangan Form Masukan Data
a.       Rancangan Form Data Maintenance Rutin
Gambar 4.29  Rancangan Form Data Maintenance Rutin

Penjelasan : Form Form Data Maintenance Rutin digunakan untuk menginput data maintenance rutin yang dilakukan. Data yang diperlukan adalah Lokasi adalah form untuk memasukkan lokasi kerja, unit kerja adalah form untuk memasukkan ruang kerja, nama perangkata adalah form untuk memasukkan nama fisik perangkat, deskripsi adalah form untuk memasukkan keterangan dari perangkat, nama user adalah form untuk memasukkan nama user, dan tindakan aadalah frm untuk memasukkan kegiatan ayang dilakukan selama melakukan maintenance rutin Terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk menyimpan data, menghapus data, mencari data, mereset (mengosongkan field) dan mengupdate data.

b.      Rancangan Form Data Penanganan Keluhan
Gambar 4.30  Rancangan Form Data Penanganan Keluhan
Penjelasan : Form Form Data Penanganan Keluhan digunakan untuk menginput data Penanganan Keluhan yang dilakukan. Lokasi adalah form untuk memasukkan lokasi kerja, unit kerja adalah form untuk memasukkan ruang kerja, nama perangkata adalah form untuk memasukkan nama fisik perangkat, deskripsi adalah form untuk memasukkan keterangan dari perangkat, nama user adalah form untuk memasukkan nama user, keluhan adalah hal yang dikeluhakan oleh user pada waktu melapor via telepon dan tindakan adalah form untuk memasukkan kegiatan ayang dilakukan selama melakukan penanganan keluhan. Terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk menyimpan data, menghapus data, mencari data, mereset (mengosongkan field) dan mengupdate data.








c.       Rancangan Form Data Pemasangan Baru
Gambar 4.31  Rancangan Form Data Pemasangan Baru
Penjelasan : Form Data Pemasangan Baru digunakan untuk menginput data Pemasangan Baru yang dilakukan. Lokasi adalah form untuk memasukkan lokasi kerja, unit kerja adalah form untuk memasukkan ruang kerja, nama perangkata adalah form untuk memasukkan nama fisik perangkat, deskripsi adalah form untuk memasukkan keterangan dari perangkat, nama user adalah form untuk memasukkan nama user, status adalah form keterangan apakah kegiatan tersebut sudah selesai atau belum. terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk menyimpan data, menghapus data, mencari data, mereset (mengosongkan field) dan mengupdate data.

3.      Rancangan Form Keluaran Data
a.       Rancangan Laporan Maintenance Rutin
Gambar 4.33  Rancangan Laporan Maintenance Rutin
Penjelasan : Laporan Maintenance Rutin adalah keluaran dari Laporan Maintenance Rutin. Data yang ditampilkan adalah no untuk mengetahui jumlah baris. Lokasi adalah form untuk memasukkan lokasi kerja, unit kerja adalah form untuk memasukkan ruang kerja, nama perangkata adalah form untuk memasukkan nama fisik perangkat, deskripsi adalah form untuk memasukkan keterangan dari perangkat, nama user adalah form untuk memasukkan nama user, dan tindakan aadalah frm untuk memasukkan kegiatan ayang dilakukan selama melakukan maintenance rutin

b.      Rancangan Laporan Penanganan Keluhan
 Gambar 4.34  Rancangan Laporan Penanganan Keluhan
Penjelasan : Laporan Penanganan Keluhan digunakan sebagai laporan data Penanganan Keluhan yang dilakukan. Data yang ditampilkan adalah no untuk mengetahui jumlah baris Lokasi adalah form untuk memasukkan lokasi kerja, unit kerja adalah form untuk memasukkan ruang kerja, nama perangkata adalah form untuk memasukkan nama fisik perangkat, deskripsi adalah form untuk memasukkan keterangan dari perangkat, nama user adalah form untuk memasukkan nama user, keluhan adalah hal yang dikeluhakan oleh user pada waktu melapor via telepon dan tindakan aadalah form untuk memasukkan kegiatan ayang dilakukan selama melakukan penanganan keluhan.

c.       Rancangan Laporan Pemasangan Baru
Gambar 4.35  Rancangan Laporan Pemasangan Baru

Penjelasan : Form Data Pemasangan Baru digunakan untuk menginput data Pemasangan Baru yang dilakukan. No adalah form untuk mengetahui baris. Lokasi adalah form untuk memasukkan lokasi kerja, unit kerja adalah form untuk memasukkan ruang kerja, nama perangkata adalah form untuk memasukkan nama fisik perangkat, deskripsi adalah form untuk memasukkan keterangan dari perangkat, nama user adalah form untuk memasukkan nama user, status adalah form keterangan apakah kegiatan tersebut sudah selesai atau belum.










Post a Comment

0 Comments