SKRIPSI UNINDRA, Perjalanan tertatih meraih gelar Sarjana Komputer

Pengisian KRS Semester 8 : Kampus Gedong, 8 Februari 2017.
Malam kita mahasiswa kelas SA Teknik Informatika Unindra angkatan 2013 dikumpulkan oleh Ibu Intan untuk mengisi KRS semester 8 sekaligus pembagian KHS semester 7, separoh lebih mahasiswa yang hadir malam ini, terlihat gembira sekali wajah teman-teman, mungkin karena habis liburan atau pada punya duit kali ya ?.
Sejenak Ibu Intan memberi penjelasan tenteng semester 8 ini, katanya mahasiswa harus milih kuliah atau kerja ? did you mind hell ? aku diam saja sambil senyum senyum, toh selam ini kita sudah pontang panting ngatur waktu buat bisa masuk kuliah Unindra ini. dan tentu aku malah inget Istri dan anakku di rumah.

Mungkin pembaca tahu bahwa untuk anak kelas malam, yang namanya nggak masuk, terlambat itu adalah hal yang biasa karena memang kita kadang males, capek buat ngampus, ha ha.
Sebenarnya kau sudah nggak konsen untuk ngambil mata kuliah di semester 8 karena udah mikir skripsi, eh padahal KKP saja belum. Aku dan Kudo punya rencana buat KKP barengan, aku nyiapin dokumen perusahaan dan dia yang ngerjain laporan KKP nya karena memenag dia pandai ngetik, tidak seperti aku yang ngetiknya 11 jari.
Ok, KRS sudah terisi, kita pulang

Minggu selanjutnya adalah jam kuliah mulai aktif, hanya ada 3 mata kulihat pada semester 8 ini, itupun yang dua hukumnya "sunnah", tapi karena oleh bu Intan dsuruh ikut semua ya kita semua ngambil. satunya alagi adalah mata kuliah Agama 2, semoga kelak kita menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. dan mampu menjalankan syariatnya.

Ruang 6-5-3 adalah tempat kita belajar 2 mata kuliah sunnah tersebut, sedangkan untuk agama kita di lantai 4, gabung dengan anak semester 2 yang masih unyu-unyu bermimpi menjadi programmer ketika lulus kuliah nanti, ha ha ha, nanti pada saatnya kalian akan merasakan bahwa kalian adalah salah jurusan karena ngambil informatika ini. Salam Syntax error,,,,!!!

Suatu ketika karena mata kuliah lagi kosong (dosen sakit) aku mampir ke TU FTMIPA buat nanyain skripsi, kata orang TU Pembimbingnya belum dibagi, tunggu aja 2-3 haru lagi. Okeeeh
Minggu selanjunya aku minta form isian untuk daftar skripsi, ah aku lupa di bagian ini musti ngapain aja ya ?

Form pengajuan Judul Skripsi
Form ini akhirnya bisa aku ambil di FTMIPA, segera aku FC dan aku isi dengan dua judul yang sudah aku persiapkan sebelumnya.
Dan aku baca di papan pengumuman bahwa Dosen materiku adalah Bp Ahmad Sarwandianto, segera aku cari info tentang dosen ini, dan alkhamdulillah berbagai sumber yang dapat dipercaya dosen ini "katanya" enak,baik hati, dan tidak sombong, alkhamdulillah. dan alkhamdulillah sekali lagi aku hubungi buat minta no beliau langsung dikasih,mantab tenan. Kemudian dosen teknik tertulis Ibu Berta Theodora, berbagai sumber juga mengatakan bahwa dosen ini katanya ngak enak,,,hadeeeh.

Aku mencoba WA ke pak Sarwan untuk perkenalan diri, namun ngak dibales, kemuadian aku coba buat telpon, lah diangkat, aku ucapkan salam, dan bla bla bla, akhirnya beliau bilang bahwa beliau ada di bagian kemahasiswaan hari senin-sabtu jam 08.00-16.00

Paginya aku langsung ke Pak Sarwan,aku perkenalkan diri dan beliau langsung nanya "mana form-nya" ? dibaca, kemudian langsung dicoret semuanya, hadeeeehhh !!!!
ada form yang lain ? tanya Pak Sarwan, ada pak, jawabku. aku keluarkan form yang masih kosong, kemudian beliau bilang, udah kamu tulis sekarang, "Perancangan Sistem Inventori Barang pada PT Candi Berkah Tehnologi". Selesai aku tulis, kemudian beliau tanda tangan dan bilang "Ok mas, minggu depan langsung saja bawa bab 1,2,3 ya". Baik pak, jawabku, Aku salaman trus pamit, terima kasih Pak Sarwan, Assalamualaikum.

Keluar dari ruangan Pak Sarwan, aku langsung telpon Bu Berta, diangkat, bla bla bla, ternyata dia ada diluar kota, walaaah. ya udah aku tunggu sampai beliau balik Jakarta. Seminggu kemuadian aku telpon lagi beliau, katanya Beliau ada di kampus gedong hari Senin, Kamis dan Sabtu. Aku janjian hari Sabtu akan menemui beliau. 

Sabtu, Jam 14.00
Aku meluncur ke kampus Gedong dan langsung ke TU FTMIPA untuk tanya dimana Ibu Berta ngajar, 4-2-3, inilah ruangan beliau ngajar, 5 menit kemudian datang si Iyan Bekasi barengan mau menemui Ibu Berta, kita tunggu di depan TU, setengah jam kemudian beliau datang, langsung aku salaman memperkenalkan diri. Sambil jalan beliau lihat berkas form judulnya. Beliau cerita bagaimana kalo bimbingan dengan   beliau, via email ternyata. selesai ditandatangani langsung balik lagi TU dan ngisi Buku Merah, kata orang TU tunggu 3-4 hari ya ,,,,OK PAK. selesai 

SK Bimbingan : 4 April 2017
Setengah berlari aku naik ke lantai 2, aku langsung ke ruang TU FTMIPA, aku tanya tentang Sk Skripsi, "situ mas, cari aja di bindex merah", walahyuuuuuung, tumpukan-tumpukan kertas aneka warna kayak sampah saja di depan loket TU FTMIPA, aku cari namaku dan ketemu, Alkhamdulilah ada ketemu. habis itu aku langsung keluar trus ke lantai buat ikut perkuliahan, telaaat
Selesai kuliah aku lari ke copian depan kampus aku copy Sk dan aku minta stempel ke TU FTMIPA lagi, selesai, siap bimbingan...!!!

{Setelah kita dapatkan perusahaan tempat kita skripsi maka kita kembalikan form tersebut dan kita tukar dengan SK dari kampus, biasanya 3-7 hari baru bisa diambil. Minggu selanjutmya aku ambil SK tersebut dan aku FC kemuadian akubalikkan lagi ke TU buat di stempel, ada beberapa lembar dalm bundel Sk tersebut, Surat untuk perusahaan, Form Bimbingan Dosen Materi, Form Bimbingan Dosen Teknik, dll}

Ini adalah hari SK skripsiku dapat diambil di FTMIPA, habis itu aku langsung minta ijin kepada Mas Muntaha selaku direktur PT Candi Berkah Tehnologi untuk melakukan penelitaian di perusahaan tersebut. Pokoknya aku harus menyelesaikan skripsi ini dengan cepat, toh aku sudah bikin program dari semester 7 lalu, dan semoga diijinkan menggunakan PHP sebagai bahasanya, karena kata alumni kalo mau PHP harus awal-awal buat ke dosen materinya.

5 April 2017
Aku ke ranco untuk menemuai Pak Sarwan dan alkhamdulillah beliau bisa ditemui, segera aku keluarkan berkas SK dan aku tunjukkan kepada beliau, beliau tandatangan, dan bilang "Ok minggu depan mas bawa bab 1-3", wolooooh, ok pas, siap.
Pulang aku dengan hati gembira ria, {sampai tahap ini aku belum menghubungi Ibu Berta selain karena beliau lagi sibuk juga karena aku fikir untuk menyelesaikan bimbingan materi dahulu}
13 April 2017 : Pengajuan Bab I-III
Aku ke Kampus ranco pagi hari, setlah aku ijin untuk berangkat siang, dan sekalian saja aku antar istri tercinta berangkat kerja di daerah Ragunan, Griya STK.
Alkhamdulillah Pak Sarwan ada di tempat, ketemu langsung aku smapikan Bab 1-3, dilihat sama dia, terus dicoret-coret sama dia, busyaaanag , banyak banget coretannya, tapi nggak apa-apalah, namanya juga skripsi. Beliau bilang, peerbaiki ya ...Baik pak,,,,sami'na wa atho'na.  

18 April 2017 : Revisi Bab I - III
Hari ini aku kembali ketemu Pak Sarwan, nunggu agak lama, hampir 1 jam aku duduk di lorong kampus ini, kulihat adik adik mahsiswa semester 2 sedang di lab, senangnya mereka.
Dari tangga kelihatan Pak Sarwan datang, aku langsung berdiri dan salamn dengan beliau, aku ikut dibelakang beliau masuk ruangan, dan seperti biasa beliau salami seluruh karyawan yang ada pada ruangan tersebut. terlihat benar bahwa beliau orang yang disegani di runagn ini. Aku sampaikan bundel skripsiku, dilihat beliau kemuadian beliau berkata, ok minggu depan bab 4-5 ya ...Baik Pak.


27 April 2017 : Pengajuan Bab IV -V
Pada tahap ini nggak jauh beda dengan bab terdahulu mulai dari nunggu, dicoret dll

29 April 2017 : Revisi Bab IV -V
13 Juni 2017 : Pengajuan Kata Pengantar dan Lembar-Lembar
Pada tahap ini nggak jauh beda dengan bab terdahulu mulai dari nunggu, dicoret dll
  
14 Juni 2017 : Penandatanganan Persetujuan Sidang
Ini adalah hari yang menggembirakan karena Pak Sarwan selaku pembimbing materi sudah bersedia tandatangan sebagai syarat untuk mengikuti sidang.

Pembimbing Teknik
Untuk pembimbing teknik pada Unindra maksudnya adalahh pembimbing teknik penulisan, mulai dari font yang digunakan, format penulisan, ukuran kertas dan lain-lain.
Aku bertemu Ibu Berta kalo nggak salah 3 kali, yakni pas pengajuan judul, pengajuan bab 1-4, dan penandatangan Lembar Persetujuan Sidang. Aku inget bener waktu habis magrib ada email dari Ibu Berta, habis isya' kebetulan si Hanum (anakku sudah tidur) maka  langsung aku buka laptop dan memperbaiki naskah skripsi yang disalahkan oleh Ibu Berta. Dan Bussssyeeeet,,,,banyak bener.
 Sampai jam 02.30 baru selesai aku revisi naskah skripsi, langsung saja aku kirim balik ke Bu Berta via email. kemudian,,,,,menunggu.

Untuk dosen ini aku pernah menunggu email hampir 1 bulan, lho. yah mungkin karena beliau sibuk dengan kegiatan yang lain. nggak papa, harus sabar. sampai suatu ketika di hari sabtu jam 14.00 aku ke ruangan beliau mengajar setelah komunikasi dengan beliau via WA. sampai disana sudah ada mahasiswi yang bimbingan juga, anak Depok, staf Pamong Praja. aku ketawa saja karena naskah dia banyak yang salah. dia akhirnya poto-poto naskahku buat referensi.

Tibalah giliranku, aku maju dan mengeluarkan pulpen tinta biru yang sudah aku persiapkan sebelumanya, Bu Berta langsung tanda tangan setelah dicek lembar demi lembar. Alkahmdulillah

Langsung aku mampir ke FC depan kampus, aku copy jadi 3 rangkap dan jilid plastik sesuai petunjuk dari Ibu Intan. balik lagi ke bagian pendaftaran sidang di gedung 6 lantai 1.
lama menunggu, akhirnya selesai juga terus mendapatkan bukti bahwa aku sudah daftar sidang, Done.

Seminggu selanjutnya
Sidang : 23 Juli 2017
Hari ini istriku nggak kerja, dia ikut mengantarku untuk menjalani proses sidang. Jam 4 aku sudah bangun dan persiapan, mandi, sholat subuh dan ngurusin Hanum.
Aku bawa tas lumayan berat karena bawa jas, dan skripsi 3 ragnkap, datang foto di gedung 4 ketemu dengan si arfan dan Niki yang matanya bengkak karen akurang tidur, katanya perbaikan ketikan naskah skripsi sampai jam 3 pagi, luar binasah....!!!

Tibalah saat sidang di gedung 5. semua pada kumpul di gedung 5 lantai 1 nunggu panggilan
bersambung......



Wisuda : Sasono Utomo, TMII, Selasa 12 September 2017, Wisuda ke LVI

Post a Comment

2 Comments

  1. Assalamualaikum mas, boleh minta contoh skripsinya ga? soalnya perpus unindra tutup saat pandemi corona dan kami kesulitan mencari contoh skripsi, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan berkirim email ke dinastikunjeri@gmail.com

      Delete