KKP UNINDRA BAB II



BAB II
ORGANISASI
A.    Sejarah PT Candi Berkah Tehnologi
PT. Candi Berkah Tehnologi atau lebih dikenal dengan sebutan CBT Komputer adalah perusahaan di Indonesia dengan Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang penyedia jasa dalam bidang Teknologi informasi  yang meliputi sistem informasi berbasis website, pembangunan infrastruktur jaringan komputer maupun infrastruktur yang berbasis jaringan, yang resmi berdiri pada tahun 2013 dan berkantor di Jakarta.
Pendirian Perusahaan ini adalah atas inisiatif dari para Teknisi dalam bidang Jaringan dan Komputer yang ingin mempunyai Institusi resmi agar dapat ikut berpartispasi dalam lelang pada pengadaan barng dan jasa pada Lembaga Penyedia Sistem elektronik (LPSE) Pemerintah.
Seiring dengan berkembangnya perusahaan, saat ini CBT komputer memiliki 3 bisnis unit yaitu pembangunan atau pemeliharaan infrastruktur jaringan, web developer, pembangunan atau pemeliharaan data center dan penyedia perangkat keras Teknologi informasi.
Perusahaan ini bertekad untuk selalu memberikan yang terbaik untuk seluruh pelanggannya, Perusahaan juga selalu menjunjung tinggi  nilai-nilai profesionalisme, Pengembangan Teknologi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya sebagai dasar dalam memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan kami.

1.      Visi dan Misi PT Candi Berkah Tehnologi
a.       Visi
1)      Menjadi perusahaan IT yang kompetitif, handal dan terpercaya dalam skala nasional maupun internasional.
2)      Perusahaan IT yang terkemuka yang fokus dan unggul dalam menghasilkan produk dan jasa.

b.      Misi
1)      Menjadi rekan kerja yang terbaik untuk seluruh pelanggan.
2)      Memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan dengan solusi yang inovatif, efektif dan efisien.
3)      Mengedepankan profesionalisme dan team work dalam menghasilkan layanan yang berkualitas.
4)      Memberikan inovasi Teknologi terbaik dan terkini dalam setiap produk dan jasa.

B.     Struktur Organisasi PT Candi Berkah Tehnologi
Dari struktur oragnisasi dapat dilihat hubungan antara Pemimpin Perusahaan dan Staf serta karyawan serta pembagian tugas dan wewenang masing-masing jabatan sehingga menghasilakn suasana kerja yang nyaman dan maksimal. Struktur Perusahaan Candi Berkah Tehnologi dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 2.1 Struktur Organisasi PT Candi Berkah Tehnologi


Secara struktural PT Candi Berkah Tehnologi dalam menjalankan bisnisnya terbagi dalam beberapa tugas  dan tanggung jawab yaitu :

1.         Komisaris
Tugas dan Tanggung jawab Komisaris pada PT Candi Berkah Tehnologi adalah
a.       Bertanggung jawab penuh terhadap pengadaan modal perusahaan adan modal proyek yang akan dan atau yang sedang berjalan.
b.      Mengawasi kinerja Direktur dan Staf dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

2.         Direktur
Tugas dan Tanggung jawab Direktur pada PT Candi Berkah Tehnologi adalah :
a.       Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
b.      Bertanggung jawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
c.       Bertanggung jawab atas kerugian yang dihadapi perusahaan termasuk juga keuntungan perusahaan.
d.      Merencanakan serta mengembangkan sumber-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
e.       Bertindak sebagai perwakilan perusahaan dalam hubungannya dengan dunia luar perusahaan.
f.        Menetapkan strategi-strategi untuk mencapai visi dan misi perusahaan.
g.      Mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan di perusahaan, mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
h.      Mengangkat dan memberhentikan karyawan perusahaan.

3.         Sekretaris
Tugas dan Tanggung jawab Sekretaris pada PT Candi Berkat Tehnologi adalah :
a.       Membuka surat masuk untuk Direktur dan Komisaris.
b.      Menerima dan melayani  tamu serta bertamu mewakili pimpinan.
c.       Menerima dan melayani  telepon serta menelpon.
d.      Menata arsip/surat.
e.       Menyusun dan membuat surat untuk kepentingan pimpinan (korespondensi).
f.        Mengurus dan mengendalikan surat.
g.      Menyusun dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
h.      Mengelola kas kecil.
i.        Menjaga kebersihan dan kerapihan kantor untuk menciptakan kenyamanan kerja.

4.      Sales Manager
a.       Aktif mencari informasi proyek-proyek baru dan mem-follow up proyek yang sedang berjalan.
b.      Membina hubungan baik dengan distributor, kontraktor,      konsultan, arsitek, dll.
c.       Mengunjungi pelanggan secara rutin.
d.      Membuat laporan proyek dan rencana kunjungan mingguan, mencari informasi proyek-proyek baru dan mem-follow up proyek yang sedang berjalan.
e.       Membina hubungan baik dengan distributor, kontraktor, konsultan, arsitek, dll.
f.        Mengunjungi pelanggan secara rutin.
g.      Membuat laporan proyek dan rencana kunjungan mingguan.



5.         HRD Manager
a.       Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
b.      Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
c.       Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
d.      Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
e.       Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan
f.        Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
g.      Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
h.      Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

6.       Manager
a.       Merencanakan kegiatan-kegiatan dalam proyek, tugas-tugas dan hasil akhir, termasuk pemecahan pekerjaan, penjadwalan dan anggaran.
b.      Mengorganisasikan, memilih dan menempatkan orang-orang dalam tim proyek. Mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya.
c.       Memonitor status proyek.
d.      Mengindentifikasikan masalah-masalah teknis.
e.       Titik temu dari para konstituen: subkontraktor, user, konsultan, top management.
f.        Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam proyek.
g.      Merekomendasikan penghentian proyek atau pengerahan kembali sumber daya.

7.      Teknisi
a.       Melakukan pemeliharaan rutin pada lokasi kerja secara rutin dan sesuai jadwal.
b.      Melakukan Instalasi baru apabila ada proyek baru.
c.       Melakukan perbaikan yang baik apabila ada keluhan dari user.
d.      Membuat laporan harian.

8.      Finance Manager
a.       Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
b.      Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
c.       Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
d.      Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
e.       Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
f.        Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.
g.      Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan

C.     Project Manager
Project Manager adalah bagian dari PT Candi Berkah Tehnologi yang bertugas dan bertanggung jawab atas perencanaan, pengelolaan dan pelaporan proyek. Pada bagian inilah seluruh administrasi proyek dibuat untuk selanjutnya dijadikan bahan laporan dalam pengajuan tagihan kepada Customer. Bagian ini juga yang mengatur jadwal dan kegiatan Teknisi. Termasuk tugas dari bagian ini adalah memepersiapkan keuangan, material dan teknisi yang akan diterjunkan dalam sebuah proyek.

Post a Comment

0 Comments